Tubuh memiliki begitu banyak jalan. Tubuh dalam dirinya sendiri adalah dunia yang luar biasa. Engkau bisa bekerja melalui pernapasan, dan melalui pernapasan engkau bisa melakukan lompatannya. Engkau bisa bekerja melalui seks, dan melalui seks engkau bisa melakukan lompatannya. Engkau bisa bekerja melalui kesadaran – yaitu, secara langsung melalui kesadaran – dan engkau bisa melakukan lompatannya. Bekerja langsung pada kesadaran ini telah menjadi salah satu jalan terdalam, tetapi bahkan satu jalan tunggal pun bisa digunakan dalam begitu banyak cara. Engkau harus memahami kerumitan ini.

Misalnya, satu jalan bisa digunakan dengan begitu banyak cara. Orang bisa menggunakannya dengan mobil, yang lainnya dengan gerobak, dan yang lainnya hanya dengan berjalan. Jalannya sama, tetapi metodenya benar-benar berbeda. Apa yang sama antara berjalan dan duduk di dalam mobil? Tidak ada yang sama. Di dalam mobil engkau hanya duduk dan tidak melakukan apa pun sama sekali. Engkau tidak sedang melakukan apa-apa.

Jadi seseorang bisa mengatakan, “Aku melewati jalan ini hanya dengan duduk,” dan dia tidak mengatakan sesuatu yang salah.

Tetapi orang yang hanya berjalan dan yang tidak pernah tahu bagaimana cara orang bisa melewati jalan hanya dengan duduk akan menyangkal cara ini. Dia juga benar.

Bahkan satu jalan tunggal bisa digunakan dengan cara-cara yang berbeda, misalnya, kesadaran. Gurdjieff menggunakannya, tetapi dia akan menyebutnya mengingat, dan metodenya berbeda. Jalannya sama.

Kesadaran perlu digunakan, tetapi sebagai mengingat, bukan sebagai kesadaran. Dan apa bedanya? Mengingat berarti engkau berada di jalan ini, ingatlah saja bahwa engkau ada. Berdiri sebentar, ingatlah engkau ada. Lihatlah ke sekeliling dengan benar-benar mengingat bahwa engkau ada. Jangan pernah lupa untuk sesaat pun bahwa engkau ada.

Tapi kita lupa, kita tidak pernah ingat. Jika aku melihatmu, aku melupakan diriku sendiri dan aku melihatmu. Kesadaran menjadi panah bermata satu, mata panah lainnya tidak ada. Gurdjieff mengatakan untuk membuatnya menjadi panah bermata dua. Engkau sedang mendengarkan satu ceramah. Untuk mendengarkan apa yang dikatakan pembicara adalah mata panah pertama, dan jika engkau sadar akan dirimu sendiri – sebagai pendengar – maka itulah mata panah kedua. Jangan lupakan dirimu sendiri saat mendengarkan, ingatlah bahwa engkau sedang mendengarkan.

Seseorang sedang berbicara, dan engkau mendengarkan; lampauilah keduanya dan ingatlah. Jadikan dirimu sendiri panah bermata dua. Jalannya sama, tetapi metodenya berbeda.

Krishnamurti akan berkata, “Jangan mengingat dengan cara ini, itu akan menjadi upaya yang menegangkan. Sadarilah saja akan totalitasnya. Jangan memilih bahwa engkau ada di sini dan dia ada di sana. Jangan memilih. Biarkanlah saja ada kesadaran yang menyeluruh. Jangan memfokuskan padanya – kesadaran yang tidak terfokus.” Aku sedang berbicara; engkau sedang duduk; suara klakson ada di sana; mobilnya sedang lewat … Segala sesuatunya ada – dan kesadaran tidak terfokus. Jangan membuatnya menjadi panah, buatlah itu tidak terfokus. Jalannya sama, tetapi metodenya sangat berbeda.

Tantra menggunakan metode yang sama, jalan yang sama, dengan cara yang berbeda. Hal itu tak bisa dibayangkan.

Mereka menggunakan minuman keras – hasis, ganja, anggur. Dan metodenya adalah ini: konsumsilah barang memabukkan itu, dan jadilah sadar. Jangan kehilangan kesadaran. Teruskan mengkonsumsi barang memabukkan itu, dan sadarilah bahwa engkau sadar. Jangan kehilangan kesadaran. Ada metode di mana barang yang memabukkan itu tidak berfungsi lagi, jadi racun ular digunakan. Ular dibuat untuk menggigit lidahmu. Dan ketika ular itu menggigit lidah dan engkau masih sadar, hanya kemudian engkau melakukan lompatannya – jika tidak itu tidak berfungsi. Jalannya sama, tetapi metodenya sangat berbeda.

Dalam praktik Tantra ini, jika tidak ada barang memabukkan yang berfungsi dan engkau tetap sadar, engkau berperilaku sadar, maka sesuatu telah mengkristal di dalam dirimu. Sesuatu telah melampaui kimia tubuh. Jika tidak, kimia tubuh akan mempengaruhimu. Sekarang engkau melampaui kimia. Kimia itu ada di suatu tempat sedang bekerja di dalam tubuh, tetapi engkau jauh, ia tidak bisa menyentuhmu.

Jadi ada begitu banyak jalan, dan setiap jalan bisa digunakan dengan begitu banyak metode. Metodeku tidak berkaitan langsung dengan jalan apa pun. Metodeku seperti kendaraan yang bisa terbang, berenang, dan pergi di jalan. Apa pun kebutuhan kepribadianmu, kebutuhanmu akan mengubah metodenya, jalannya. Engkau bisa menyebutnya multi-metode. Ini tidak langsung, tidak bisa langsung. Aku memberimu metodenya; tubuhmu, keberadaanmu, akan memberikan jalannya. Dan energi yang dibangkitkan bisa menggunakan jalan apa pun: Tantra, Buddha, Jaina, Gurdjieff, Sufi … ia bisa menggunakan jalan apa pun.

Dan ketika aku mengatakan ini, ini bukan hanya sebuah hipotesis/dugaan. Ketika aku mengatakan ini, aku telah bekerja seperti itu.

Orang-orang datang kepadaku yang telah bekerja pada jalan yang berbeda-beda. Ketika mereka menggunakan metode ini, metodenya mulai membantu mereka dalam jalan mereka. Jika seseorang sedang bekerja dengan kundalini dan datang kepadaku, kemudian bekerja dengan metode ini, itu membantunya dalam jalannya sendiri. Dia berkata, “Metode ini luar biasa; metode kundalini yang sebelumnya tidak bekerja begitu kuat dan begitu terus menerus.” Dan ini sama sekali bukan metode kundalini. Tapi ini fleksibel. Metodenya akan mencari tahu jalannya. Engkau perlu melakukannya, dan semuanya akan dilakukan dengan metode itu sendiri.

Dan untuk dunia yang akan datang, dan juga untuk dunia saat ini, hanya metode fleksibel seperti itu yang bisa digunakan karena sekarang ada begitu banyak jenis orang. Di dunia lama, itu tidak demikian. Di wilayah tertentu, jenis tertentu ada. Jika ada Hindu, di sana hanya ada Hindu, tidak ada Muslim. Bahkan, mereka tidak pernah mendengar tentang satu sama lain. Mereka tidak pernah tahu tentang praktik satu sama lain, jadi mereka tidak pernah bingung. Mereka hanya satu jenis tunggal. Jika mereka adalah Buddhis Tibet, mereka adalah Buddhis Tibet; mereka tidak pernah mendengar hal lain lagi. Pengondisian setiap orang dulunya sama, semua orang dibesarkan di lingkungan yang sama. Jadi satu metode yang berhasil diperlukan.

Sekarang itu semuanya sulit. Pikiran bingung; sesungguhnya, tidak ada satu jenis tunggal. Setiap orang adalah multi-jenis. Ada begitu banyak pengaruh, pengaruh yang saling berlawanan. Semua agama berkata, “Jangan belajar agama lain. Jangan pergi ke guru lain.” Itu bukan sekadar dogmatisme. Ini terlihat dogmatis, ini pada dasarnya hanya untuk melindungi jenis mereka. Ini menyebabkan kebingungan yang tidak perlu. Jika tidak, tidak ada metode yang akan digunakan sepenuhnya – baik itu maupun ini. Hal ini dilakukan agar orang tidak bingung, tetapi sekarang hal ini tidak mungkin.

Tetapi sekarang semua orang bingung, dan tidak ada bantuan. Sekarang tidak bisa ada jenis tunggal, dan satu jenis tidak bisa dilindungi. Jadi kita membutuhkan metode baru yang bukan milik jenis apa pun dan bisa digunakan oleh setiap jenis. Jadi metode ini fleksibel. Aku tidak berhubungan secara khusus dengan kundalini, tidak berhubungan secara khusus dengan apa pun, tetapi berhubungan sangat dalam dengan semuanya.

Engkau menggunakan metode ini, dan metodenya akan menemukan jalannya – jalan yang bisa bekerja di dalam dirimu. Aku serahkan ini kepada metodenya. Metodenya akan menemukan jalannya, dan ia menemukannya lebih tepat daripada engkau bisa menemukannya. Tetapi penemuan ini tidak disadari. Ia hanya menempatkanmu dalam situasi, seperti jika ada api di rumah. Engkau berada dalam satu situasi. Jika engkau bisa berlari, larilah. Jika engkau bisa melompat, lompatlah. Situasinya ada di sana, dan situasinya akan mendorongmu ke arah apa pun yang mungkin bagimu.

Dan pikiran bawah sadar selalu memilih jalan yang paling sedikit hambatannya. Itu tentu saja matematika, ekonomi dari dalam batin. Engkau tidak pernah secara tidak sadar memilih jalan yang panjang, engkau selalu memilih yang terpendek. Hanya dengan pikiran sadar engkau mulai memilih jalan yang tidak mengarah ke mana pun atau jauh lebih lama sehingga engkau mati sebelum engkau mencapainya. Tetapi alam bawah sadar selalu memilih jalan yang terpendek. Jadi metode ini akan menciptakan situasinya, dan ketidaksadaranmu akan mengambil jalan yang mungkin sekali adalah jenisnya.

OSHO ~ I am the Gate, Chpt 5

*Metode-metode meditasi Osho sangat fleksibel, dimulai dari tubuh, bergerak melalui hati, mencapai pikiran – dan kemudian pergi melampaui ketiganya. Di antaranya meditasi dinamis, meditasi kundalini, meditasi mandala, dan meditasi nataraj.

Berbagai metode lain yang sesuai untuk tipe tubuh, hati dan kepala juga bisa dibaca di buku Orange.

Silakan download Orange Book gratis bagian ebook atau pesan versi cetaknya dengan terjemahan yang sudah disempurnakan lewat inbox dan WA +6287866852808