Tantra benar-benar indah. Tantra adalah pemahaman tertinggi, dan prinsip terbesar. Jika engkau tidak bisa mengerti tantra, maka yoga adalah untukmu. Kalau engkau bisa mengerti tantra, maka jangan terlalu perduli dengan ajaran kecil. Bila kendaraan yang bagus itu ada, kenapa repot-repot dengan perahu kecil?

Dalam Buddhisme, ada dua sekte. Nama-nama sekte itu sangat penting. Satu sekte dikenal sebagai Hinayana, kendaraan kecil; Ini adalah jalur yoga, sebuah perahu kecil: Engkau sendiri bisa duduk di dalamnya, engkau tidak dapat membawa orang lain di dalamnya, itu sangat kecil. Yogi bergerak sendiri. Hinayana berarti perahu yang sangat kecil. Dan kemudian ada sekte lain dari umat Budha yang disebut Mahayana, kapal besar, kendaraan besar. Jutaan bisa masuk ke dalamnya, seluruh dunia bisa diserap ke dalamnya.

Mahayana adalah jalan tantra dan Hinayana adalah jalur yoga. Tilopa adalah seorang Mahayana, seorang pria yang percaya pada kendaraan besar, prinsip yang agung.

Perahu kecil diperuntukkan bagi orang-orang egois yang tidak dapat mentolerir orang lain di kapal, yang hanya bisa sendirian, yang merupakan para pengutuk, yang selalu melihat orang lain dengan kutukan. “Engkau – dan mencoba mencapai kesana? Engkau tidak bisa mencapainya, sangat sulit, hanya manusia langka yang bisa menjangkau.” Mereka tidak akan membiarkan dirimu masuk ke dalam kapal. Mahayana memiliki cinta yang dalam untuk semua. Semua orang bisa masuk. Sesungguhnya, tidak ada kondisi.

Orang-orang mendatangiku dan mereka berkata, “Engkau memberi sannyas untuk semua orang dan untuk siapa saja?” Sannyas belum pernah diberikan seperti itu sebelumnya. Ini untuk pertama kalinya sepanjang sejarah dunia bahwa aku memberikan sannyas tanpa syarat apapun. Sannyas selalu untuk orang yang sangat egois: dari dunia yang berbeda, para penghukum, peracun, yang mengatakan bahwa segala sesuatu salah, semua orang salah, seluruh hidup ini adalah dosa; Yang selalu memiliki pandangan di mata mereka yang lebih suci dari pada dirimu, engkau selalu dikutuk. Neraka adalah untukmu. Mereka adalah sannyasins hebat; Mereka telah meninggalkan dunia, dunia dosa dan kotoran dan racun, dan engkau masih berada di dalamnya. Kaum egois hebat adalah sannyasins.

Untuk pertama kalinya aku mengizinkan semua orang, aku telah membuka pintu. Sebenarnya aku sudah membuang pintunya sepenuhnya. Sekarang pintu itu tidak bisa ditutup, sekarang siapa saja dan semua orang disambut. Mengapa? – karena sikapku adalah tantra, bukan yoga. Aku berbicara tentang Patanjali juga bagi mereka yang tidak mampu memahami tantra; Jika tidak, sikapku adalah tantra – semua orang diterima. Jika Tuhan menyambutmu, siapakah aku …? Bila keseluruhan dunia mendukungmu dan semesta sabar menghadapimu, tidak hanya mentolerir, memberimu energi dan kehidupan …? Bahkan jika engkau melakukan dosa, semesta tidak pernah mengatakan, “Tidak, tidak ada lagi energi untuk dirimu. Sekarang engkau tidak bisa mendapatkan udara lagi. Hentikan! engkau melakukan terlalu banyak omong kosong. ” Tidak. Energi terus diberikan. Tidak ada krisis udara; semesta terus mendukungmu.

Suatu hari terjadi: Seorang mistikus, Junnaid, pernah bertanya kepada Tuhan tentang salah satu tetangganya, “Orang ini sangat jahat dan dia menciptakan begitu banyak kerusakan bagi seluruh desa, dan orang-orang mendatangiku dan mereka berkata, ‘Engkau tanyakan kepada Tuhanmu , Berdoa kepada Tuhan, jika Dia bisa menyingkirkan orang ini. ‘”Dan Junnaid mendengar dalam doanya suara:” Ketika aku menerima dia, siapakah engkau untuk menolaknya? ” Dan Junnaid menulis dalam otobiografinya,” Tidak pernah lagi aku kan bertanya kepadaNya seperti itu, karena hal itu benar-benar kebodohanku. Jika Dia telah memberikan kelahiran untuk orang ini, jika Dia masih membantunya untuk hidup, tidak hanya hidup tapi juga berkembang, mekar, lalu siapakah aku? ”

Semesta memberi kepadamu hidup tanpa syarat. Aku memberikan kepadamu sannyas tanpa syarat. Jika semesta berharap kepadamu dengan tak terbatas sehingga akhirnya engkau tidak dapat menghancurkan harapannya, siapakah aku …?

Tantra adalah untuk semua. Tantra bukan untuk beberapa orang terpilih. Tantra menjadi jalan bagi beberapa orang terpilih karena semua orang tidak akan memahaminya, tapi tantra bukan untuk orang-orang terpilih – tantra untuk semua orang; Tantra untuk semua orang yang siap untuk mengambil lompatan.

OSHO-Tantra: The Supreme Understanding
Bab #6- The Great Teaching